Kamis, 05 Maret 2015







Bagaimana Cara Mengatasi Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan




Bagi Sist Bro pengguna motor injeksi pasti tahu kan perangkat yang satu ini, Benar.. LAS (Lean Angle Sensor) pada motor injeksi YAMAHA (Vixion ) dan BAS (Bank Angle Sensor ) pada motor injeksi HONDA, tapi untuk varian Suprax helm in FI dan Spacy FI sudah ditiadakan.

Pertama mungkin tak jelasin dulu apa pengertian dan apa fungsinya dari sensor ini, biar tambah pengetahuan.


Sensor Kemiringan Motor (Lean Angle Sensor dan Bank Angle Sensor). - Sensor ini bertugas mendeteksi kemiringan motor, atau yang lebih tepatnya berfungsi ketika terjadi kecelakaan jikamotor anda ambruk, otomatis sudut kemiringan motor anda kurang dari 65 derajat, maka sensor ini akan mengirimkan sinyal ke ECU / ECM untuk menonakifkan semua sistem mesin kemudian mesinmati secara otomatis, Lean Angle Sensor untuk motor brand yamaha, dan Bank Angle Sensoruntuk motor brand honda, tetapi sistem kerjanya sama, sensor ini terdapat dibawah jok motor.Cara ini sebagai safety bagi pengendara supaya mesin tidak menyala saat motor terjatuh (terjadi kecelakaan). Karena bisa berbahaya bukan.?

Terus apa perbedaannya.? (Nih tak kasih tahu ya)
LAS pada V-Ixion. Sensor LAS akan bekerja pada sudut 65 derajat ± 10 derajat selama 2 detik (motor diasumsikan terjatuh). Sedangkan, BAS akan bekerja ketika motor terus berada dalam kondisi miring 55 derajat ± 5 derajat selama minimal 5 detik. Diasumsikan motor dalam keadaan terjatuh,kemudian ECM akan menghentikan kerja dari Fuel Pump, Injector, dan Ignition Coil. Ingat ya, jika membongkar sensor LAS dan BAS, jangan sampai lupa posisi pasangnya. Karena jika salah posisi maka mesin tidak akan bisa dinyalakan.
Mungkin ada beberapa Sist Bro yang merasa kesulitan dalam menghidupkan motor injeksi-nya ketika sensor ini bekerja, sensor ini akan bekerja saat motor yang dikendarain terjatuh, terlalu miring, terjungkal. Nah gak usah panik dan emosi sob soalnya emosi malah bikin pikiran ngak karuan.
Meskipun di stater pakai kick stater ngak nyala. Memakai dobel stater (electric stater) juga ngak nyala. Sampai kaki kapalan dan jempol tangan sobek tetep ngak bisa nyala. haduuuuh (gimana nih.?). Terpaksa nyari bengkel resmi yang terdekat.


Nah sekarang bagaimana cara menghidupkannya.? (Sabar dong ahh)
Nah dari pertanyaan konsumen tersebut nih Mas OZI kasih jawabannya biar Sist Bro semua pada ngerti.
Bukan berarti motor injeksi-nya Sist Bro rusak, tetapi untuk menyalakannya cukup mudah kok ngak butuh alat alat khusus (Cukup ditiup aja. hehe). Yang perlu kita lakukan yaitu memainkan yang namanya kunci kontak (main switch) dengan cara yang pertama kita lihat posisi kunci kontak padaposisi ON, terus putar aja pada posisi OFF, setelah itu kita ON-kan lagi kunci kontak. Nah sekarang coba deh motornya di stater pasti nyala. (Jebule gampang banget). Gampangannya kita cuma disuruh matiin kunci kontak terus di ON kan lagi kunci kontaknya supaya bisa merefresh / merestart sistem injeksinya.




Oke deh sekiranya hanya itu pembahasan Saya kali ini tentang Seputar Otomotif Motor Injeksiberjudul Bagaimana Cara Mengatasi Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan. Sayaminta maaf apabila penjelasan dan pembahasan Saya kurang lengkap, maaf juga bila ada banyak kesalahan. Semoga Anda semua bisa memahami dan artikel Saya diatas bisa sedikit membantu kalian semua.

Saya ucapkan banyak terimakasih karena sudah berkunjung dan membaca artikel Saya.

Terus nantikan postingan selanjutnya.. Salam Sukses...!!!

Baca juga artikel ini :
- Tips Merawat Motor Injeksi
- Jangan Panaskan Motor Injeksi Terlalu Lama

- Kelebihan dan Kekurangan Sistem Injeksi Vs Karburator Sepeda Motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar